KAMI SUKA MEMBINA KERJASAMA | KAMI MENJAGA KUALITAS PRODUK | KEPUASAN ANDA ADALAH PRIORITAS KAMI | HOTLINE CALL: (+62) 08562700040



Proses Produksi

>> Selasa, 20 April 2010


Sebelum kapuk siap digunakan untuk mengisi kasur, bantal, guling dan sebagainya, kapuk perlu mengalami beberapa tahap pemrosesan. Berikut adalah tahapan proses pengolahan kapuk yang dilakukan pada perusahan pengolahan kapuk di tempat kami tepatnya di Desa Karaban Kabupaten Pati Jawa Tengah.


  • Pemilahan kapuk gelondong kering
Kapuk yang siap diproses di pabrik pengolahan kapuk adalah kapuk yang sudah benar-benar kering. Akan lebih baik lagi kapuk yang kering di pohon, dengan ciri-ciri kulit buah kapuk berkeriput berwarna kecoklatan dan serat kapuk menyembul pecah dari kulitnya, menandakan bahwa kapuk siap untuk dipanen. Setelah kapuk sampai di pabrik akan dilakukan pemilahan gelondong kapuk yang sudah benar-benar kering dan yang masih basah. Hal ini dimungkinkan karena terkena air hujan akibat pengiriman atau gelondong kapuk memang belum terlalu kering. Gelondong kapuk yang belum kering kemudian dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering


  • Pengupasan kulit kapuk
Pengupasan kulit kapuk bertujuan untuk memisahkan serat kapuk dari kulit gelondong. Pekerjaan ini dilakukan secara manual dengan tenaga kerja manusia.


  • Pemisahan serat kapuk dengan ati
Setelah kapuk dikupas kemudian dipisahkan dari ati tempat menempelnya serat kapuk. Pekerjaan ini juga dilakukan dengan tenaga kerja manusia.

  • Pengeringan

Kapuk yang sudah dipisahkan dari batang ati kemudian dikeringkan dibawah terik sinar matahari selama 3-5 jam sampai benar-benar kering dengan cara sering diaduk/dibalik. Tempat pengeringan ini dibuat secara khusus dengan bangunan berdinding yang bagian atasnya ditutup dengan kasa kelambu, sedangkan lantainya terbuat dari beton plester. Hal ini bertujuan agar debu dan serat kapuk yang sudah kering tidak berterbangan sehingga mencemari lingkungan.

  • Pemisahan serat kapuk dengan biji


Setelah kapuk kering pekerjaan belumlah selesai, karena kapuk masih mengandung biji (klentheng). Kapuk yang sudah kering kemudian dilakukan pemisahan dengan menggunakan peralatan mesin/penggilingan. Peralatan yang kami gunakan adalah dengan menggunakan mesin penggerak diesel berkekuatan 12 PK. Prinsip kerja dari alat ini adalah, pertama kali kapuk yang sudah kering dimulut corong dihisap dengan mesin vacum kemudian kisi-kisi yang berbentuk kipas akan mengaduk-aduk kapuk sehingga terpisah dari bijinya. Setelah biji rontok kemudian diayak melalui beberapa tahapan. Terakhir dengan mesin blower biji dan kapuk dipisahkan dan disalurkan pada masing-masing penampungan. Pekerjaan penggilingan ini harus dilakukan secara cermat sehingga menghasilkan serat kapuk yang berkualitas dengan tidak merusak struktur serat kapuk.

4 comments:

Unknown 29 November 2015 pukul 20.51  

Assalamualaikum mas.. Artikelnya baagus mas, sy suka baca. Gini mas, sy sring perhatiin nih di desa sy, klo dsmping rumah aj nih ada 3 pohon randu yg udah gede' banget pohonnya, mungkin dah puluhan tahun, sayangnya itu mas yah, mubazzir aj, gak ada yng ambil gak ad yang manfaatin, mngkin ya wrga bingung aj kali yah, mw diapain, kdang sih ad yg bikin bantal, tapi gak sring2 jg kan, skali bkin bsa dpake lama. Aku jdi minat aj mas, kira2 gmana yah bsa usaha dgn kapuk randu itu, soalnya sy pengangguran mas, hehe.

Unknown 29 Februari 2016 pukul 12.13  

Asslmuaikum. . Moof bantuan mas, untuk pemesanan mesin penggiling kapuk pemisah dengan bijinya. . Karena sy usaha kasur bantal, tapi sangat repot memisahkan biji dengan kapuknya. . Mohon bantuan, dimana bisa memesan mesinnya mas dn bagaimna cara pemesanannya. Terimakasih.

Unknown 29 Februari 2016 pukul 12.15  

Asslmuaikum. . Moof bantuan mas, untuk pemesanan mesin penggiling kapuk pemisah dengan bijinya. . Karena sy usaha kasur bantal, tapi sangat repot memisahkan biji dengan kapuknya. . Mohon bantuan, dimana bisa memesan mesinnya mas dn bagaimna cara pemesanannya. Terimakasih.

Berbagai Info 15 April 2018 pukul 21.01  

Makasih ini sangat bermanfaat artikelnya, kebetulan saya lagi membutuhkan artikel ini utk materi pelajaran prakarya


Posting Komentar

Powered By Blogger
JANGAN SALAH MEMILIH DALAM BERBISNIS | ANDA LAYAK MENDAPATKAN PRODUK TERBAIK | HUBUNGI : ARIF MULYADI (+62) 08562700040