KAMI SUKA MEMBINA KERJASAMA | KAMI MENJAGA KUALITAS PRODUK | KEPUASAN ANDA ADALAH PRIORITAS KAMI | HOTLINE CALL: (+62) 08562700040



Waspadai Serat Sintetis Poliester

>> Jumat, 01 April 2011

Kalau bicara masalah kesehatan dan lingkungan, sebaiknya kita selalu berhati-hati. Karena kalau tidak, dampaknya bisa lebih menyeramkan daripada film horror.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita tidak begitu peduli dengan hal-hal kecil yang suka kita gunakan dan menempel di tubuh kita. Dari mulai pakaian, interior, aksesoris, sepatu sampai pakaian dalam. Tapi, pernah enggak kita berpikir bahwa benda-benda tersebut jika tidak dipilah dengan cermat bisa menimbulkan sesuatu yang merugikan diri kita secara kesehatan dan lingkungan ? Padahal, beberapa di antaranya adalah sebab-sebab kecil dari rasa sakit yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Kira-kira ada apa saja ya ?

Serat Sintetis
Serat sintetis adalah serat buatan, yang diolah kembali dengan mesin dan bahan-bahan kimia, dan kemudian dicampur dengan serat alam (hewan dan tumbuhan). Serat buatan yang terkadang kita lihat pada label baju diantaranya adalah nilon, asetat, poliester, akrilik hingga spandeks.

Untuk negara tropis seperti Indonesia, penggunaan serat sintetis bisa mengundang masalah. Karena, di dalam kandungan sintetis terdapat sekian persen kadar plastik dan karet. Serat ini bisa kita temukan pada stocking (ini sumber paling utama), kaos kaki, bahkan kain dari pakaian yang kita kenakan. Kalau mau tahu salah satu penyebab bau kaki yang tidak sedap, salah satunya karena keringat dan bakteri di kaki yang yang menyebarkan racun isovaleric. Racun itu juga menyebarkan bau-bauan yang aduhai.

Dan jangan kaget, serat sintetis ini sering digunakan untuk pakaian dalam (boxer dan pakaian dalam lain). Cukup berbahaya karena hal ini dapat menyebabkan gatal pada permukaan kulit. Selain itu, serat sintetis juga dapat memindahkan bakteri dari pakaian dalam ke -maaf- daerah genital. Daripada menimbulkan penyakit yang berkepanjangan, pastikan pakaian dalam yang kita beli tidak panas dan kesat saat menyentuh kulit.


Proses Pembuatan Poliester
Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol). Salah satu produsen PTA di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III . Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Polimer tersebut terbuat dari polietilen.

Poliester adalah suatu kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Meski terdapat banyak sekali poliester, istilah "poliester" merupakan sebagai sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat (PET). Poliester termasuk zat kimia yang alami, seperti yang kutin dari kulit ari tumbuhan, maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat.

Kain dari poliester disebut-sebut terasa “tak alami” bila dibandingkan dengan kain tenunan yang sama dari serat alami (misalnya kapas dan kapuk dalam penggunaan tekstil). Namun kain poliester memiliki beberapa kelebihan seperti peningkatan ketahanan dari pengerutan. Akibatnya, serat poliester terkadang dipintal bersama-sama dengan serat alami untuk menghasilkan baju dengan sifat-sifat gabungan. Poliester juga digunakan untuk membuat botol, film, tarpaulin, kano, tampilan kristal cair, hologram, penyaring, saput (film) dielektrik untuk kondensator, penyekat saput buat kabel dan pita penyekat.

Poliester kristalin cair merupakan salah satu polimer kristalin cair yang digunakan industri yang pertama dan digunakan karena sifat mekanis dan ketahanan terhadap panasnya. Kelebihan itu penting dalam penggunaannya sebagai segel mampu kikis dalam mesin jet.

Poliester keras panas (thermosetting) digunakan sebagai bahan pengecoran, dan resin poliester chemosetting digunakan sebagai resin pelapis kaca serat dan dempul badan mobil yang non logam. Poliester tak jenuh yang diperkuat kaca serat banyak digunakan dalam bagian badan dari kapal pesiar serta mobil.

Poliester digunakan pula secara luas sebagai penghalus (finish) pada produk kayu berkualitas tinggi seperti gitar, piano, dan bagian dalam kendaraan / perahu pesiar. Perusahaan Burns London, Rolls-Royce, dan Sunseeker merupakan segelinter perusahaan yang memakai poliester untuk memperhalus produk-produk mereka. Sifat-sifat tiksotropi dari poliester yang bisa dipakai sebagai semprotan membuatnya ideal untuk digunakan pada kayu gelondongan bijian-terbuka, sebab mampu mengisi biji kayu dengan cepat, dengan ketebalan saput yang terbentuk dengan kuat per lapisan. Poliester yang diawetkan bisa diampelas dan dipoleskan ke produk akhir.

Sifat Mekanis Serat Poliester
Penyerapan energi plastik yang diperkuat dengan serat kimia: (uji benturan, pelentukan, dan tarik) Investigasi atas persyaratan praktis untuk mengukur penyerapan energi dari bahan-bahan gabungan (komposit), dan pengembangan metode yang cocok untuk melaksanakan pengukuran tersebut. Sejumlah metode uji dinamis untuk mengukur penyerapan energi dari berbagai lapisan, termasuk uji benturan pelentukan, uji benturan berulang-ulang, uji benturan tarikan, dan uji tumbukan pembengkokan. Didiskusikan pula ujian benturan pada lempengan berlapis. Penekanan khusus ditempatkan pada studi pada berbagai komposit yang diperkuat dengan sebuah serat kimia. Tak dapat dipungkiri bahwa ada hubungan antara penyerapan energi statis yang semu dari berbagai serat dan penyerapan energi dinamisnya komposit. Komposit berpoliester komersial dan serat poliamida memiliki penyerapan energi yang tertinggi, dimana piranti pengujian memiliki efek yang signifikan.

Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Dari Kerosin ini semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromat, yaitu para-xylene. Bentuknya senyawa benzen (C6H6), tetapi ada dua gugus metil pada atom C1 dan C3 dari molekul benzen tersebut. Senyawa hidrokarbon juga mulai digunakan untuk mengganti bahan alam seperti kapas, kapuk, sutra, dan wol. Bahan pakaian sintetis harganya lebih murah dan dapat diproduksi secara besar-besaran dalam waktu singkat. Produk ini termasuk polimer yang dibuat dari berbagai senyawa hidrokarbon molekul kecil yang disebut monomer.

Konon harga yang murah pada serat sintetis dibanding harga serat alam menyebabkan serat sintetis ini ada disekeliling kita dan populer. Kalau kesehatan dan lingkungan kita menjadi taruhannya apakah itu sebanding dengan akibatnya, tentunya sebagai konsumen produk kita ikut andil dalam menentukan masa depan bumi kita. Mari tahun 2011 ini saatnya kita tentukan sikap, mulai menggunakan produk-produk serat alami dan mengurangi penggunaan serat sintetis sebagai wujud nyata gerakan GO GREEN.

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger
JANGAN SALAH MEMILIH DALAM BERBISNIS | ANDA LAYAK MENDAPATKAN PRODUK TERBAIK | HUBUNGI : ARIF MULYADI (+62) 08562700040